-->

Kerja Kopral Gaji Jendral

Silahkan Masukan Alamat E-Mail Anda Apabila Anda Tertarik Membaca Artikel Dari Saya Disini...

Jumat, 21 Agustus 2009

Optimasi Blog

Optimasi Blog, apalagi maksudnya? Untuk apa dan bagaimana? Pertanyaan yang pasti mampir di benak mereka yang baru mengenal blog atau belum tahu sama sekali atau mengetahui tapi tidak mengerti maksudnya. Memiliki blog atau situs dan mengelolanya dengan baik terlebih jika akan digunakan sebagai sarana atau media untuk menghasilkan uang tentu akan berfikir bagaimana cara untuk memaksimalkannya.

Di kalangan para penghasil uang di internet, banyak cara dalam memaksimalkan kinerja blog atau situs agar bisa menjadi mesin uang bagi pemiliknya. Lantas apa kriteria sebuah situs atau blog dianggap baik? Untuk apa dan bagaimana cara meraih status blog yang layak dan baik tersebut?

PARAMETER BLOG BAIK

Meski banyak terdapat parameter dalam menilai kualitas sebuah blog, namun setidaknya ada beberapa parameter umum yang mendasari sebuah blog dikatakan baik (memiliki nilai ekonomi tinggi). Parameter atau indikator sebuah blog dikatakan baik dan layak untuk menghasilkan antara lain:
* Ranking Alexa tinggi (paling tidak di bawah 1 juta) ditandai dengan tingginya traffic pengunjung. Alexa adalah situs peranking web terpopuler dunia yang mengukur popularitas web dari tinggi-rendahnya traffic pada sebuah blog atau web. Hasil perangkingan alexa sering dijadikan standar bagi para pengiklan untuk menentukan kualitas sebuah blog.
* Google Page Rank tinggi, Google memiliki algoritma khusus dalam menentukan tinggi-rendahnya page rank sebuah blog atau situs. Bahkan sebagian besar para ahli yang berkutat di SEO (search engine optimation) masih bersilang pendapat bagaimana cara meningkatkan google page rank. Google Page Rank atau biasa disingkat GPR sangat menonjol perannya dalam menentukan kualitas sebuah blog atau situs. Dengan rentang 1-10 google memetakan blog atau situs di seluruh dunia. Pemetaan ini jelas berimbas pada kualitas hasil pencarian yang muncul di halaman depan Google. Misal, jika ada seorang pengguna internet mencari sesuatu dengan mengetikkan kata kunci tertentu, hasil pencariannya akan diutamakan pada blog atau situs dengan page rank yang tinggi dengan tingkat presisi yang tinggi pula. Standar minimal sebuah blog atau situs dikatakan baik untuk diikutsertakan dalam program monetize berkisar di angka 2 atau 3. Utamanya untuk page rank 2 - 3 sudah bisa diikutkan ke dalam program PPR (Paid Per Review).
* Yahoo! Backlink cukup tinggi, setidaknya di atas 5.000. Hampir sama dengan google page rank, beberapa situs broker PPC dan PPR akan mengutamakan dan memberi kesempatan lebih serta harga yang tinggi pada situs/blog yang memiliki backlink Yahoo! yang tinggi.
* Technorati Rank cukup tinggi, paling tidak di atas 30
* Pelanggan pembaca feed cukup banyak, bisa dilihat dari jumlah pelanggan yang ditunjukkan oleh feeburner.
* Memiliki ranking yang cukup tinggi dalam daftar situs perangking selain yang telah disebutkan di atas, semisal blogtoplist, blogtopsite dll.

OPTIMASI BLOG

* Blogwalking atau jalan-jalan keliling blog dan meninggalkan komentar di setiap blog yang dikunjungi merupakan cara alamiah mempopulerkan blog, utamanya meninggalkan jejak ke blog berlabel dofollow, penjelasan lebih lanjut tentang dofollow akan menyusul di bagian lain.
* Tukeran Link (link exchange) antarblogger, antarteman dan antarkomunitas
* Submit/posting artikel blog Anda ke web direktori, seperti: digg.com, del.icio.us,facebook.com, twitter.com, yahoo mysite. dll.
* Membuat postingan review atau mengulas situs-situs besar seperti layanan google dan yahoo dengan memasukkan link situs tersebut ke dalam postingan
* Membuat konten yang dibutuhkan oleh banyak orang, misalnya wallpaper, gambar grafis, lagu-lagu, lirik musik, video atau berita-berita yang sedang booming di media massa.
* Optimasi kata kunci pada setiap artikel dengan cara menuliskan kata kunci pada kolom tag atau meta tag di wordpress dan blogspot

UNTUK APA?

Pertanyaan terakhit untuk apa jika sudah mendapatkan predikat blog yang baik? Jika memang blog sudah memiliki PR di atas 3 dengan alexa di bawah 1 juta dan pengunjung serta pelangan blog anda banyak, maka yang bisa dilakukan adalah mengikuti program yang bisa menghasilkan uang seperti review, adsense, affiliate dan lain-lain. Untuk masing-masing program tersebut, pembelajar.info akan mengupasnya lebih mendalam di bagian lain.


mari yuk OPTIMASI BLOG kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShareThis