-->

Kerja Kopral Gaji Jendral

Silahkan Masukan Alamat E-Mail Anda Apabila Anda Tertarik Membaca Artikel Dari Saya Disini...

Rabu, 30 September 2009

Inilah Hard Drive USB 3.0 Pertama di Dunia!

Freecom, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang eksternal hard drive dan portable storage, baru-baru ini mengumumkan Hard Drive XS 3.0 . Berbeda dari hard drive yang telah ada di pasaran selama ini, XS 3.0 telah mengusung teknologi USB 3.0 ! Dengan diluncurkannya XS 3.0 , Freecom telah menjadi perusahaan pertama yang merilis peralatan portable hard drive yang menggunakan teknologi USB 3.0.
Freecom, melalui rilis resminya, juga menyatakan kalau hard drive keluaran mereka ini memiliki kemampuan backward compatibility USB 2.0 . Hal tersebut berarti membuat alat ini mampu bekerja di motherboard yang menggunakan teknologi USB 2.0 . Tentu kecepatan transfer data, apabila Anda menggunakan hard drive ini pada USB 2.0 tidak akan secepat apabila menggunakan USB 3.0.
Hard Drive XS 3.0 adalah hard drive 3.5 inci portable. XS 3.0 menawarkan transfer rate yang cukup tinggi, yaitu 130 MB per detik.
Ukuran XS 3.0 pun tidak terlalu besar, bahkan Freecom berani mengklaim bahwa hard drive keluaran mereka ini adalah yang terkecil di antara semua hard drive 3.5 inci yang ada. Berat alat ini pun hanya 1.9 pounds atau 1 kg.
Hard drive ini akan tersedia dalam tiga kapasitas, yaitu 1 TB, 1.5 TB, dan 2 TB. Harga yang dibanderol pun cukup murah, yaitu mulai dari 119 Euro (atau sekitar USD175). Alat ini akan tersedia di Eropa pada pertengahan November besok. Bagaimana dengan Asia? Mari kita tunggu saja.
Hingga saat ini, masih sedikit perangkat yang mengaplikasikan USB 3.0 . Barang konsumer diharapkan akan segera mengaplikasikan USB 3.0 pada tahun 2010 . Motherboard pertama yang telah menggunakan USB 3.0 adalah Asus P6 X58 , namun sayangnya, motherboard ini dibatalkan sebelum sempat diproduksi. Sedangkan Operating System pertama yang telah mengsupport USB 3.0 adalah Linux versi 2.6.31.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShareThis