-->

Kerja Kopral Gaji Jendral

Silahkan Masukan Alamat E-Mail Anda Apabila Anda Tertarik Membaca Artikel Dari Saya Disini...

Jumat, 23 Oktober 2009

Anggur Putih Beresiko Merusak Gigi

Jika ditawari minuman anggur merah atau anggur putih, Anda pilih yang mana? Jika tak ingin gigi cepat rusak pilihlah anggur merah, karena anggur putih memiliki kadar asam tinggi yang bisa mengikis enamel.
Anggur putih merupakan salah satu minuman yang banyak digemari dan terkadang minuman ini juga dicampurkan dalam masakan. Tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman anggur bisa merusak lapisan enamel dari gigi.
Para ahli mengatakan bahwa menikmati segelas anggur putih dengan jumlah yang biasa saja bisa merusak gigi dan biasanya para pembuat atau penikmat anggur sudah mengetahui hal ini. Diketahui bahwa asam yang terkandung di dalamnya bisa mengikis enamel lebih parah dibandingkan dengan anggur merah (red wine).
Ahli nutrisi menuturkan bahwa yang menjadi kunci disini adalah nilai pH dan seberapa lama kontak asam tersebut dengan gigi. Untuk itu sering disebutkan bahwa mengonsumsi keju setelah meminum anggur putih bisa membantu mengurangi kerusakan, karena keju merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalsium dan kalsium ini yang akan melawan serangan asam dari anggur putih.
Penelitian ini dilakukan di dalam laboratorium dimana gigi orang dewasa direndam selama seharian di dalam anggur putih. Hasilnya permukaan enamel dari gigi tersebut kehilangan kalsium dan mineral lainnya yang disebut dengan phosphorus hingga mencapai 60 mikrometer.
"Menyikat gigi setelah mengonsumsi anggur putih tidak akan membantu jika paparan asam terhadap gigi tersebut terjadi berulang-ulang, bahkan menggosok gigi yang berlebihan dapat membuat keadaan enamel menjadi lebih buruk dan memivu hilangnya lapisan enamel gigi," ujar Brita Willershausen dan rekannya, seperti dikutip dari BBCNews, Kamis (22/10/2009).
Brita menambahkan kombinasi makan keju dengan minum anggur putih bisa memberikan keuntungan untuk mencegah erosi gigi, karena keju mengandung kalsium yang gigi. Ini membantu menetralkan dan meningkatkan kekuatan remineralising air liur untuk menghentikan serangan asam. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi yang asam seperti strawberi karena akan menambah keasaman yang bisa memperburuk keadaan.
Prof. Gamien Walmsley dari British Dental Association menambahkan sebaiknya mengonsumsi anggur putih dibarengi dengan mengonsumsi suatu makanan, sehingga mulut turut memproduksi air liur yang bisa menetralisir keasaman dan mengurangi potensi erosi lapisan enamel.
Selain itu jangan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsinya, tunggulah minimal 30 menit. Hal ini untuk mengurangi serangan asam di dalam mulut sehingga menyikat gigi tidak memperparah keadaannya. Jadi Anda tetap bisa menikmati anggur putih tanpa harus merusak lapisan enamel gigi Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShareThis